Langsung ke konten utama

Unggulan

Lamunan Kemasan Plastik

Tepatnya tanggal 28 november 2022. Mengenai apa yang gue pikirkan saat melihat botol kemasan aqua yang bertemakan plastic recycle (AQUA LIFE). Inovasi ini mungkin saja bertujuan untuk mengurangi konsumsi bahan plastik yang digunakan dalam skala perusahaan besar sebagai inovasi ramah lingkungan. Masyarakat Indonesia belum sepenuhnya teredukasi dengan baik untuk membuang sampah pada tempatnya dan teratur. Menurut kementian MENLHK pada tahun 2021 timbulan sampah 30,895,043 ton/tahun dan sekitar 35.46% (10,955,210 ton/tahun) sampah tidak terkelola di 248 kabupaten/kota se-Indonesia. Meskipun ada inovasi kemasan daur ulang tersebut,  kemungkinan besar  masih ada orang-orang tetap membuang sampah plastic recycle tersebut tidak pada tempat yang seharusnya sehingga plastic recycle tersebut tidak dapat dimanfaatkan dengan baik. Lagipula kemasan plastic daur ulang aqua tidak di produksi di seluruh Indonesia dan hanya di produksi untuk daerah pulau jawa. Tepatnya pada tahun 2018 di Bali dan 20

Pengendara Motor

 Part 1

Disclaimer: disini bukan menceritakan kisah hidup ataupun biografi dari pengendara motor di sekitaran gue.

Di judul ini gue mau menceritakan hasil pemikiran gue tentang konsep hidup yang gue pikirin dan berkaitan dengan pengendara motor.

Oke bikers kita gass pembahasannya.

Jangan lupa sambil menghayal kalo lo lagi diperjalanan pake motor.

Bayangin lo lagi naik motor terus dihadapkan dengan kondisi jalan yang bermacam macam, ada yang rusak atau bolong-bolong, terus ada jalan yang berbatu, debu, licin, jalan buntu, dan berbagai macam medan lainnya. Belum lagi kalau dihadapkan dengan cuaca yang hujan, panas, angin ribut, halilintar....(anak tiktok mana nih? ehehehe). Hal-hal yang dihadapin semacam itu menggambarkan rintangan hidup yang harus dilewati dan kemungkinan akan terjadi.

Gimanaaa keren kan perumpamaan tadi? dah mau masuk di bagian agak filosofis nih ehehehe. Kita gas ngeeng lagi bahasannya.

Sebagai pengendara motor ada hal yang harus dikuasai, yaitu harus lihai dan pinter ambil celah diperjalanan. Apalagi kalo ada tikungan, harus pinter-pinter NIKUNG ya gesss yaaa (intinya sat set sat set gitu). Seorang pengendara motor juga harus tau kapan harus ngegas dan kapan harus tarik rem.

Gue mulai perumpamaan lainnya.

Gue pernah bawa motor perjalanan mau pulang kampung, Ketika sudah menempuh 1 jam perjalanan, gue mulai ngerasain ngantuk tuh…

Nah di kondisi kaya ini cman ada dua pilihan yang gue pikirin, antara berhenti sebentar terus beli makan dan minum buat hilangin ngantuk atau tetep paksain jalan karena tanggung sebentar lagi sampai kampung. Lagi pula gue juga takut kesorean.

Akhirnya gue pilih keputusan buat lanjut jalan gak pake berhenti. Jujur selama diperjalanan ngantuknya semakin jadi dan gue mencoba untuk nyanyi dan jerit-jerit gk jelas buat mengurangi ngantuk. Untungnya gue bisa sampe rumah dengan selamat, walaupun tadi di jalan sempet ngehantem beberapa lubang sampe nyeri ahhaha.

Naah… dari cerita diatas bisa disimpulkan bahwa saat diperjalanan hidup kita harus bisa ambil keputusan dan menerima resiko dari pilihan itu. Kalau lu ambil keputusan buat berhenti buat hilangin ngantuk resikonya bisa kesorean atau kemaleman sampe di rumah karena buang-buang waktu. Tapi kalau lu lanjut jalan terus resikonya lu bisa aja kecelakaan karena ngantuk.

Gue milih keputusan buat terus jalan karena memang anaknya suka menantang maut banget. PEMBERANI! (tapi bego). Tapi gue usaha cari cara lain buat ngurangin ngantuk dengan jerit-jerit gak jelas.

Dari situ gue bisa mengerti apapun keputusan lu di hidup dan apapun resiko dari keputusan itu, lu bisa improvisasi keputusan yang lu piliih untuk meminimalisasi resikonya.

 

“Terkadang hidup itu bukan cuman soal kata iya atau tidak”

Part 2

Pada bagian ini gue umpamakan jenis kendaraan merupakan status sosial dalam hidup. Dimana mobil pasti memiliki status sosial lebih tinggi (idola) dari motor dan seterusnya.

Kita langsung ke pembahasannya. Cekidot.

Sebagai pengendara motor kalian pasti pernah mengikuti (ngebuntut) mobil dari belakang atau stuck di belakang mobil. Pernah gak sih ada yang kena scam sama mobil di depan kalian, tiba-tiba ada lobang nongol dari bawah mobil terus kena hamtem lobang. Kalau gue sering begitu tuh, kurang ajar banget. Niatnya ngebuntut biar kalo mobil didepan mau salip kendaraan didepan gue juga bisa ikutan. Eh…malah kena sialnya gue hantem lobang yang muncul tiba-tiba dri kolong mobil. Langsung mules tuh terutama di perut bagian bawah gue. Ahahaha you know lah.

Dari kejadain itu gue berfikir, seandainya gue ngebuntut mobil terus-terusan bisa bisa remuk nih motor karena gue gatau apa yang ada didepan mobil itu. Akhirnya gue berfikir untuk tetap ngebuntut tapi dengan posisi zigzag antara gue dengan mobil tersebut, itu gue lakuin supaya gue bisa liat jalur didepan terus salip mobil yang ada di depan gue.

Kejadian di jalan tersebut memberi sedikit gambaran untuk gue. Gue gabole terus-terusan ngebuntut atau mengikuti jejak seseorang (idola) meskipun itu orang tersebut memiliki status sosial yang tidak bisa diragukan lagi. Boleh-boleh aja kalau kita mengikuti jejak orang tersebut tapi kita juga harus bisa lihat jalur kita sendiri biar kita tidak kena lubang yang sudah dilewati oleh orang yang kita ikuti tersebut.

Orang yang sudah memiliki status sosial yang memadai mungkin saja mudah melewati setiap lubang dalam perjalanan tapi belum tentu kita juga bisa melewati lubang yang sama dengan mudah seperti orang yang kita ikuti jejaknya. Maka lebih baik tetap berada di jalur kita sendiri meskipun kita sedang mengikuti jejak orang yang kita idolakan.

 

“Tetaplah pada jalurmu dan tetaplah menjadi dirimu, sebab berusaha menjadi orang lain itu bukan hal baik”

x

Komentar

Postingan Populer